Monday, May 9, 2011

10 Faktor Kebahagiaan


Seorang psikolog Amerika (Dr. Dick) mengatakan, "Kehidupan yang bahagia itu merupakan seni keindahan yang memerlukan sepuluh unsur berikut ini":

1. Memilih pekerjaan yang engkau senangi. Namun bila pekerjaan itu terasa sulit untuk dikerjakan, cobalah untuk menekuni hobimu pada saat waktu senggangmu.

2. Menjaga kesehatan merupakan ruh dari sebuah kebahagiaan. Dan itu bisa dilakukan dengan cara menjaga keseimbangan dalam soal makan dan berolah raga, serta menjauhi kebiasaan-kebiasaan yang membahayakan.

3. Engkau harus memiliki tujuan dalam hidup. Karena tujuan itulah yang akan membuatmu bersemangat dan dinamis.


4. Menerima kehidupan apa adanya dan menikmati manis getirnya kehidupan dengan senang hati.

5. Hadapilah kenyataan yang sedang terjadi, jangan menyesali yang telah berlalu dan jangan merisaukan hari esok yang belum datang.

6. Hendaklah berpikir sebelum berbuat dan mengambil keputusan. Jangan sekali-kali menyalahkan orang lain ketika keputusanmu salah.

7. Pandanglah orang-orang yang lebih rendah darimu dalam hal keberuntungan, sehingga kamu patut bersyukur atas apa yang ada pada dirimu.

8. Biasakan untuk selalu tersenyum, berwajah cerah dan berteman dengan mereka yang selalu optimis.

9. Hendaklah berbuat untuk membahagiakan orang lain, agar ia juga mencurahkan keharuman kebahagiaannya kepadamu.

10. Manfaatkan berbagai peluang dan kesempatan berharga dengan baik dan jadikanlah waktu-waktu luang itu sebagai terminal menuju kebahagiaan.

diambil dari buku "menjadi wanta paling bahagia" oleh Dr. 'Aidh al-Qarni

No comments:

Post a Comment